Berharap Energi Baru di Kabinet


Berharap Energi Baru di Kabinet

oleh Sarman Simanjorang - Ketua Umum DPD Hippi DKI Jakarta

Berharap Energi Baru di Kabinet


KONTAN.CO.ID - Setelah ditunggu tunggu penuh harapan akhirnya Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada akhir tahun lalu. Melihat track record dari enam Menteri yang baru bertugas memperkuat Kabinet Indonesia Maju ini, tentu dunia usaha dan masyarakat berharap banyak untuk menyelesaikan tantangan kita saat ini. Yaitu mengatasi pandemi Covid 19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional yang sudah pada posisi mengkawatirkan.

Sudah 10 bulan kita merasakan bagaimana dasyatnya dampak covid 19 yang telah memporak porandakan pertahanan ekonomi dan ruang gerak berbagai aktivitas bisnis dan usaha. Tidak bisa dihindari pertumbuhan ekonomi nasional kuartal I-2020 merosot tajam sebesar 2,97% year on year (yoy), mengalami kontraksi 2,41% dibandingkan triwulan IV 2019 atau lebih rendah dari kuartal I-2019 yang 5,07% yoy.

Ketika berbagai negara menutup penerbangan internasional dan pengetatan perjalanan keluar masuk ke berbagai negara dibarengi kebijakan pemerintah yang memperketat dan membatasi berbagai aktivitas perkantoran dan bisnis maka pertumbuhan ekonomi nasional kuartal II-2020 tumbuh minus atau terkontraksi cukup tajam diangka -5,32% secara year on year.
Share:

Recent Posts