Indonesia Didapuk Pimpin Koridor Pemulihan Ekonomi Asia Tenggara

AKURAT.CO Indonesia dipercaya menjadi Ketua dari satuan tugas untuk membahas Kerangka Pengaturan Koridor Perjalanan ASEAN (ATCAF) beserta prosedur operasinya, guna membantu pemulihan ekonomi pascapandemi virus corona.

Keputusan itu disepakati para menteri luar negeri ASEAN dalam pertemaun AMM Retreat pada kamis (21/1/2021) yang diikuti oleh Menlu RI Retno Marsudi secara virtual.

"Kerja dari satuan tugas ad hoc ini diharapkan dapat diselesaikan pada kuartal pertama 2021," kata Retno dalam pengarahan media seperti dilansir Antara.


Pengaturan koridor perjalanan antarnegara Asia Tenggara pertama kali diusul kan Indonesia dalam KTT ke-36 ASEAN, Juni 2020, sebagai tanggapan atas pendemi COVID-19 yang telah menghancurkan ekonomi kawasan.


Dengan pengaturan yang akan memfasilitasi para pelaku ekonomi dan bisnis yang penting diharapakan kegiatan ekonomi dapat hidup kembali tanpa mengorbankan aspek kesehatan.


Inisiatif tersebut disambut baik oleh seluruh negara anggota dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, yang menyebut bahwa koridor perjalanan menjadi salah satu upaya untuk memastikan pasar Asia Tenggara tertap terbuka selama pandemi. Pasar yang terbuka dianggapnya merupakan faktor penting guna mempercepat pemulihan ekonomi di 10 negara anggota perhimpunan.

Share:

Recent Posts