Kata Bos BI Soal Dampak Ekonomi dari PPKM yang Diperpanjang


Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo membuka suara soal hal ini.

Perry menjelaskan, kondisi pandemi Covid-19 saat ini berbeda dengan krisis yang pernah dihadapi sebelumnya, seperti krisis global dan krisis Asia.

BI, kata Perry juga mencermati perkembangan sejak Desember 2020 sampai Januari 2021, bahwa terjadi peningkatan kasus penularan Covid-19 yang dipengaruhi adanya mobilitas masyarakat.

Meskipun sebenarnya, adanya mobilitas pergerakan manusia pada Desember 2020-Januari 2021 tersebut berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi.


"Ekspor impor meningkat cukup tinggi. Ekspor ke China, AS, dan ASEAN terjadi kenaikan. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2013, yakni mencapai US$ 15,5 miliar atau tumbuh 14,6% didukung oleh program pemulihan ekonomi nasional," jelas Perry dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/1/2021).


Ekspansi fiskal yang dilakukan pemerintah, lewat bantuan sosial dan penggelontoran belanja modal yang digunakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kata Perry berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia.

Share:

Recent Posts